Lokakarya Orientasi

 LOKAKARYA "O".... MENEYANGAKAN 😀

Kegiatan Lokakarya 0 Atau orientasi dilaksanakan pada tanggal 23 Maret 2024 di SMA Negeri 1 Sindang Indramayu. Diawali dengan Pembukaan yang bertempat diaula SMAN 1 Sindang yang dihadiri oleh Perwakilan BPBG Jawa Barat, Kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu.

Pada Loakarya orientasi ini yang diundang adalah CGP, PP, Kepala Sekolah dari CGP berasal dan Pengawas Sekolah. Hal ini untuk menguatkan keyakinan CGP agar yakin bahwa kegiatan CGP yang akan dijalani mendapat dukungan penuh dari Kepala Sekolah, Pengawas dan juga Dinas Pendidikan Kabupaten. 

Setelah kegiatan pembukaan, CGP kemudian memasuki kelas masing-masing, sesuai dengan PP nya. Kebetulan saya ditempatkan di kelas D, yang didalamnya terdiri dari 3 kelompok PP yang berbeda. Yakni Kelompok dari PP Pak Unang Nuansah, M.Pd, Pak Edi Prayitno, S.Pd.Gr, dan Pak Sanoto, M.Pd. 

Pengajar Praktik Kelas D

Kegiatan dikelas berjalan sangat menyenangkan, meskipun awalnya saya merasa takut, khawatir seperti apa kegiatan lokakarya bahkan saya tidak nyenyak tidur sebelum kegiatan lokakarya orientasi dilaksanakan. Ternyata..... "Menyenangkan".. Bertemu dengan banyak teman belajar baru, dengan atmosfer kekeluargaan, dan bimbingan dari PP sehingga kami enjoy dalam menjalaninya. Sirna sudah kekhawatiran yang saya pikirkan sebelumnya. 

Kegiatan awal kita membuat kesepakatan kelas, kemudian menuliskan kekhawatiran dah harapan baik dari CGP dan kepala sekolah yang mendampingi. 

Menuliskan kekhawatiran dan harapan dari CGP dan Kepala Sekolah

Kita berkenalan antara yang satu dengan yang lain melalui gambar yang kita sukai, di gambarkan pada sebuah kertas, diberi naman dan ceritakan gambar tersebut kepada teman lain yang menanyakan. Asyik juga metode saling mengenal seperti ini. Dan ini bagus juga diterapkan di sekolah saat ada penerimaan Peserta Didik Baru.

Kopi menggambarkan semangat, hitam manis, dan disukai banyak orang

Pada kegiatan ini juga PP memaparkan tujuan dari kegiatan CGP, apa yang akan kita pelajari, tugas seperti apa dan nanti apa keuntungan mengikuti CGP. Intinya kegiatan CGP merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi kita terhadap diri, terhadap peserta didik, terhadap kegiatan pembelajaran dan terhadap sekolah nantinya. Dalam Lokakarya orientasi ini pula kita mengisi Lembar Kerja yang digunakan sebagai acuan belajar kita selama proses CGP. 



Kegiatan didalam kelas yang sangat menyenangkan "Santai, Serius" dan "Sukses"

Tak terasa ternyata kita sudah bersama dikelas hingga pukul 15.00. Suasana belajar yang menyenangkan, penuh candaan, serius, santai membuat rasanya singkat sekali. Diakhir kegiatan PP memberi penguatan tentang kegiatan yang harus kita kerjakan sebisa mungkin dikerjakan sebelum "due date" . Diakhiri dengan ice breaking untuk mencairkan suasana setelah belajar.


Penguatan materi oleh PP dan ice breaking

Setelah kegiatan selesai, kami berfoto bersama, sebagai memory bahwa "apa yang ada dalam pikiran kita tidak selamanya sama dengan kenyataannya, maka hadapi, jalani tantangan hidup yang ada". Semangat terus kawan, Semoga Kita sehat selalu... See You Next Lokakarya





Berfoto bersama setelah kegiatan Lokakarya Orientasi

Penulis : Ran Diy (CGP 10)
Indramayu, 6 April 2024


Komentar

Posting Komentar